jump to navigation

cuci motor miring banyak ruginya, ada yang pernah coba? 9 Agustus 2012

Posted by ipanase in aneh, lucu, unik, info otomotif, mbengkel, opini, otomotif, pertamax7, pertamax7.com, sepeda motor.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

9 augustus 2012 selamat berpuasa gan

nyuci motor

mencuci kendaraan baik roda dua maupun roda empat merupakan anugrah tersendiri bagi owner yang sekaligus pemakai, bahkan ada istilah khusus bagi bikers yang nyuci motor sering di sebut dengan istilah gawul yakni CIMOT ( cuci motor ), atau dalam bahasa ane NGGUYANG PIT 😀

namun, dikarenakan tuntutan waktu dan mobilitas bikers yang tinggi, sempat membuat lupa akan kebiasaan cimot  sendiri biar tunggangan makin kinclong sehingga sebuah tempat pencucian bahkan salon buat tunggangan kesayangan menjadi alternatif pilihan agar tidak menguras waktu dan tenaga yang tak jarang pula bisa sedikit menguras dompet

cuci motor miring

namun hal berbeda ane temui di motorplus ketika datang ke sebuah tempat pencucian sepeda motor yang ternyata motor yang mau dicuci di gulingkan sampe rebah mau bobok miring trus dicuci, kelihatanya sih bersih, tapi…….

biasanya sih ane nyuci sendiri di rumah, alat ada, tenaga ada, air ada, niat ada, beres, namun ya beda tempat beda pekerjaan beda waktu membuat segalanya bisa terjadi, seperti halnya kasus nyuci motor sambil miring sampai ambrukkk..

lantas, bahayakah nyuci motor dalam keadaan miring seperti gambar diatas?

sejatinya sepeda motor terdiri dari banyak cairan yang membutuhkan posisi tegak agar tidak terjadi apa-apa ( normal ), namun jika dimiringkan sampe rebahan gitu, pasti akan ada masalah

akibat cuci motor miring

Apa aja sih pengaruhnya terhadap motor, kalo dicuci sampai dimiringin? Akibat yang sudah pasti karburator akan mengalami banjir bensin. Karena bensin masuk ke lubang pembuangan bensin ketika miring. Untung kalau di karburatornya ada keran bensin. Sebab kalau tidak, bisa-bisa tangki terkuras habis tuh.

kondisi busi basah terendam oli(kiri). dek samping motor matik bisa pecah(kanan)

Efek lain jika cuci miring dengan air tekanan lebih, bisa saja air itu masuk ke dalam kabel body. Akhirnya, tahu sendiri donk kalo air ketemu kabel bertegangan? Pasti bisa menyebabkan arus pendek alias korslet. Kalau sudah begitu, niatnya pingin bersih eh malah harus repair kabel body.
Miring, juga bisa membuat kepala busi basah. Tapi, kalau tekananan air kelewat tinggi. Alhasil motor susah dinyalain. Belum lagi jika filter udara ikut terkena air dan basah. Bahaya tuh!
“Karena filter udara sekarang terbuat dari kertas dan rentan terkena air, kalo posisi motor disemprot ketika dalam keadaan tergolek bisa-bisa air masuk kedalam filter udara, komponen bisa jadi lunak dan masuk ke karbu, tambah berabe lagi tuh,” wanti Engkar panggilan akrabnya.

^ syerem kan, banyak ruginyaaaaaa ( btw, tuh busi kena oli? bingung, masa motor di abrukin oli bisa masuk ruang bakar? wah, otomotifnet gimana nih? jangan2 tuh motor emang dah rusak mesinya 😀 )

btw, pemirsa ada yang pernah nyuci motor sambil tiduran ( motornya sampe ambruk gitu, mari di share pengalamnya ), ane sendiri sih belum pernah, sayangg 😀 bodi lecet, pecah, karbu banjir, dan efect serem lainya bikin nyuci motor berujung serpis 😀

motor aja kalau dicuci morong dah banyak ruginya, apalagi mobil yang di cuci lantas jadi miring terpeleset 😀

cuci mobil miring

^ jelas banyak lagi nih ruginya

selamat puasa,

maaf jika salah, menerima krtik yang membangun,

pertamax7_thumb2_thumb2_thumb2_thumb

wonogiri sukses

asekkkkkkkkk

pertamax

ini ceritaku mana update-an mu

Komentar»

1. Rony - 9 Agustus 2012

pertamax kah?

Suka

ipanase - 9 Agustus 2012

ane sheel super aje dah 😀

Suka

2. vixy182 - 9 Agustus 2012
3. yudha depp - 9 Agustus 2012
4. fresh and fresh - 9 Agustus 2012

Aneh gan ane juga baru lihat…

Suka

5. denirosdiana - 9 Agustus 2012

Masa sih ada yg nyuci motor mpe gitu ? Ada-ada aja….he he he

Suka

aghashe - 10 Agustus 2012

dijakarta banyak bro, jadi motor direbahin n dbantalin pke ban mobil ato ban truck ,(so g lgsg kena lantai tu mongtor) xlo baret who know lah ,(tu kan strategi marketing ja biar beda ma sblh2) .qta mo protes malah galakan tukang cucinya ,.,wkwkwkkw..(djakarta agak bribet xlo nyuci ndiri,mnding du2k n tralalalllaaa,.,. motor kinclong aja judulnya,pdhl buat bisa kinclong hrus ngantri 1 jam ) bbrp x xlo tmpat lgganan cimot pnuh yah terpaksa pke yg rebah2 githu,over all sih g pa2 (mongtor sehat wal afiat,) . g tau deh xlo lama2 bisa somplak jg x ,cos sbrp kuat sih xlo bhan body terbuat dr plastik .,.

Suka

6. jape methe - 9 Agustus 2012

oot , di surakarta
Pit : sepeda motor, Montor : mobil
di jogja
Pit : sepeda kayuh, Montor : sepeda motor
Jadi kalo di Jogja ada tulisan “montor matikan mesin, masuk gang dituntun”, bisa jd orang surakarta bingung

Suka

axo92 - 9 Agustus 2012

:mrgreen:

Suka

aghashe - 10 Agustus 2012

xlo pit ontel n pit montor serta pit stop .,.,hehehehehe

Suka

7. Nichoz Ahmad - 9 Agustus 2012
MYBro4Ever - 9 Agustus 2012

habis itu diperes,biar cpt kering..

Suka

asdroid - 29 Agustus 2012

jangan lupa dikucek, palagi kalo nodanya mbandel,…-

Suka

8. axo92 - 9 Agustus 2012

kalo aku biasane ngolong sambil tiduran..

Suka

9. jokowo - 9 Agustus 2012

busi basah terendam oli? gara gara dimiringkan? kyaknya yg bilang bgini orang yg gak tau mesin kali yah? drmana ada oli di ruang bakar? smpe busi basah kna oli? guoblog banget yg bilang bgini… klo mesin normal dan gak bocor kompresinya pastinya busi selalu kering mau miring, mau jungkir balik kek. gak ngefek…. susah memang bicara teknik sama orang non teknik.. gak nyambung dimana mana..

Suka

ipanase - 9 Agustus 2012

ane aja bingung gan, masak otomotifnet bilang gitu, heran,,,,kecuali motor rusak tuh 😀

Suka

joko - 9 Agustus 2012

mungkin itu amber karena bensin masuk ruang bakar, atau terjadi air masuk ruang bakar via karbu…pastinya busi gak akan langsung basah, tapi busi bisa basah setelah mesin diselah/distarter yaitu saat klep membuka dan bensin mengalir ke ruang bakar (bukan berupa kabut tapi beripa cairan akibat motor dimiringkan)

Suka

10. z1rider - 9 Agustus 2012

Lhah, ngapain dimiringin ampe kayak foto dari otomotifnet di atas ? 🙄 Kurang kerjaan, wkwkwk.
http://z1riders.wordpress.com/2012/08/09/saat-motor-diparkir-helm-baiknya-taruh-di-mana-ya-hmmm/

Suka

11. Haryudha - 9 Agustus 2012

Busset, saya pikir cuma standar miring aja 😀

Suka

12. luwak - 9 Agustus 2012

ane pernah liet gan, di daerah mencong ciledung cuci motor, motornya direbahin tp diganjel pakek ban mobil spy bodi ga lecet2. wkt itu pas lg lewat lg bejejer 3 motor rebahan dicuci. ane br pertama kali tuh liet yg kek gt..wkwkwkwk

Suka

13. warung DOHC - 9 Agustus 2012

reko reko wae nyuci karo turu, nek ngorok piye? :mrgreen:

Suka

ipanase - 9 Agustus 2012

sing turu pit e 😀

Suka

nlavia86 - 9 Agustus 2012

kalo ngorok mungkin itu vario 125 produksi awal awal

#kaboooor

Suka

14. Kelana 97 - 9 Agustus 2012

Tidak mau nyoba,takut efek sampingnya.

Suka

15. redbike92 - 9 Agustus 2012

baru tau nek motor iso dicuci miring 😀
lha nek nyuci megison miring gak nek dicuci :D?

Suka

16. Aa Ikhwan - 9 Agustus 2012

ajib mereng-mereng.. :mrgreen:

Suka

17. Aditya O'Conner - 9 Agustus 2012

Wong nekat itu bro…

Suka

18. donny ahmad - 9 Agustus 2012

deket rumah saya kalo nyuci motor bebek & matic dimiringin begitu, kalo motor sport tetep berdiri (gak kuat barangkali yah :mrgreen: )
setauku sih pernah nyoba dicuciin begitu efeknya cuma susah distarter pas selesai dicuci, tapi gak tau juga yg lainnya 😀

Suka

19. dhanicsetio - 9 Agustus 2012

kalo otake seng miring…ixixixziiixixixixixixi

Suka

20. kharis27 - 9 Agustus 2012
21. son - 9 Agustus 2012

Ane nyuci motornya di masukin parit disawah gan

Suka

22. wawan - 9 Agustus 2012

iku mobil inova kok miring opo ambruk ki piye jal ?

Suka

23. yudha depp - 9 Agustus 2012

KALAU MOTOR SAYA DI GITUIN SAMA TUKANG CUCI
LANGSUNG SAYA MARAHIN DAAAH
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/yamaha-ag200e-motornya-pak-tani.html?m=1

Suka

24. bimoaprilianto - 10 Agustus 2012

belum pernah nyuci motor di salon atau sebagai nya. selalu nyuci sndiri saya haha 😀

Suka

25. Kurma - 10 Agustus 2012

ya ampun.. gak deh. makasi kalau nyuci kayak gitu..
kalau pengalaman saya cuci motor ya tegak. standar doubel itu aja.
jadi was-was.. tapi pas nyuci tinggal kasih tahu ke orang yang cimot untuk gak nyuci bagian mesin yang rawan air, termasuk kabel-kabel..
tapi alhamdulillah motor papa saya sudah 13 tahun cuci motor di t4 saya cuci motor, gak apa2. jgn sampai deh..

Suka

26. djoshe - 10 Agustus 2012

cucilah dengan air yg bersih dan shampo yg wangi 😀

Suka

27. megalodon150 - 11 Agustus 2012

kalo motor ane di tidurin gtu, ane kempleng tuh tukang cuci

Suka

28. anto - 12 September 2012

itu sih bukan miring tapi TIDUR! 90 derajat! sangat tidak boleh!!!!!

oli mesin bisa masuk keruang bakar melalui ring piston karena ring piston itu tidak 360 derajat nyambung (ada celah)

karburator akan banjir! karena cara kerja karburator mengandalkan gravitasi bumi!

hanya orang bodoh yang melakukan itu !!!

Suka

ipanase - 15 September 2012

nah,,,,dah pernah?

Suka

29. Totalitas Tukang Cuci Motor, Sampai Dlosoran gan | PERTAMAX7.com - 4 Desember 2014

[…] cuci motor miring banyak ruginya, ada yang pernah coba? […]

Suka

30. Nyuci Motor Kok Sampai Di Ambrukin diatas Ban mobil, mending Ga jadi deh….. | PERTAMAX7.com - 15 Januari 2015

[…] masak nyuci motor di ambrukin gini… sampai rebahan diatas ban mobil,,, opo gak seyerem rekkk…. sudah pernah ane ceritakan 2012 lalu nih.. baca : cuci motor miring banyak ruginya, ada yang pernah coba? […]

Suka

31. Lagi, Mobil terjatuh dari Cuci Hidrolik, Syerem rek… | PERTAMAX7.com - 19 Januari 2015

Tinggalkan Balasan ke son Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: