jump to navigation

Merasakan Peuyeum Bandung 20 Oktober 2013

Posted by ipanase in aneh, lucu, unik, info otomotif, kuliner, pertamax7, pertamax7.com.
Tags: , , , , ,
trackback

malam gan,,, dah ga bahas motogp lagi, n artikel kuliner balik maning ( nggak ketubruk motogp, heheheh ) 😀
pertamax7.com 008 (Small)

peuyeum bandung, sebuah oleh-oleh yang dibawa temen ane setelah jalan-jalan dari pulau jakarta mampir bandung…….. sudah ane pernah singgung dahulu di

karena ane baru pertamax ini nemu makanan ini, ane sempet salah denger, BAYEM , jiah, mosok dari pulau jakarta oleh-olehnya bayem, jebule…. PEUYEUM BANDUNG  wkwkkw 😀

pasca nonton pembuatan oli federal, trus ke ancol, trus ke IIMS, temen ane pulang masih jalan-jalan di bandung,, asekkk, dan bawa itu deh

apa itu peuyeum?

ane cari reff dulu, nyasar ke wikipedia

Peuyeum

Peuyeum mangrupa kadaharan tradisional Indonesia, rasana amis lantaran mangrupa hasil fermentasi.[1] Peuyeum dijieun tina bahan baku nu tangtu anu di fermentasi alatan bantuan mikroorganisme Saccharomyces cerivisiae anu ngarobah karbohidrat (fruktosa sarta glukosa) jadi alkohol sarta karbondioksida.[1] Iwal ti Saccharomyces cerivisiae aya mikroorganisme séjén saperti Mucorchlamidosporus sarta Endomycopsisfibuligeraanu mantuan ngarobah pati jadi gula (glukosa).[1] Bahan peuyeum rupa-rupa gumantung kana kabutuhan, bisa maké béas ketan atawa sampeu.[1] Peuyeum nu jieun tina béas ketan disebutna peuyeum ketan sedengkeun anu dijieun tina sampeu disebutna peuyeum sampeu.[1]

waduw, apa kiye…..

cari reff lain

nyasar ke bandungreview, ane kutip dulu

Peuyeum adalah salah satu makanan tradisional terkenal Bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasikan. “

.peuyeum dipopulerkan oleh warga Desa Bendul, Purwakarta. Mereka mengenalkan peuyeum ketika mengadu nasib di Desa Citatah, Cipatat, Bandung Barat. Sampai akhirnya daerah tersebut terkenal menjadi daerah penghasil dan penjual peuyeum terbesar di Bandung.

owalah, peuyem itu… terbuat dari singkong yang difermentasikan, sejarahnya ada.

pertamax7.com 016 (Small)

setelah ane lihat, lah…. dikemas dalam bentuk basket gitu, ane bukak, lah kayak hantu ( apa hayoo )

mak selonjor, owh inin tow namanya peuyem, berbentuk selonjor singkong yang rada keras…

pertamax7.com 006 (Small)

setelah ane coba, lah koq atosss aka kerassss,, tuh sampai patah ……. ternyata eh ternyata, makannnya besok gan, katanya ini belum lunak , masih kurang matang katanya..

ok, ane tunggu ane bawa satu lonjor ke kamar kost,. ane tunggu

siang keesokan … ane belah seperempat, ane coba pasca makan pagi ( ane sarapan jam 2 sang gan, wkwkw : D)

wah, kayak TAPE SINGKONG yak rasanya……

hari keduak, ane coba lagi seperempatnya.lagi, makin manisss saja nambah hari………

hari ketiga, hebat yak, masih bisa utuh setengahnya,,, ane coba makin empuk, makin manisss, dan habisss dah,,,,,,

reviewnya…

1. sejenis tape singkong

2. terdapat seperti tepung yang menyelebunginya

3. ane kurang tahu proses bikinya

4. karena cuma oleh-ooleh ane kurang tahu harganya

5. semakin hari semakin manis

rasa manis empuk nan enak, apalagi tambah hari, namun karena ane dapet selonjor jadi ane kurang memperdalam ilmu bayem, eh peuyeum ini……

yang jelas, yak sejenis tape lah, cuma kalau tape di potong2 nan becek aka basah kalau lama lama, kalau peuyeum padat ga berair…..

kemasanya kalau tape di dalam daun pisang, kalau peuyemu dikemas dalam basket aka keranjang…

ada yang mau kirim ke ane? peuyeum apa makanan khas daerah pemirsa? monggo

^ anak kost dot com 😆

 

semoga berguna

Komentar»

1. KomMotor - 20 Oktober 2013

Pertamax…
Mungkin Peuyeum…bukan beuyeum…
Wkwkwkwkwkk…
Bagi dong… 😀

Suka

2. Sleketep - 20 Oktober 2013

Mana?

Suka

3. jurigkamera - 20 Oktober 2013

Peuyeum x lex , enak ,palagi colenak ,hui cilembu wow pgn pulang k sumedang 😀

Suka

4. naranara - 20 Oktober 2013

Mantep ya? Minumnya kopi item.. Beuuuhhh.. Topmarkotopp.. Kapan2 cobain juga “tarasi bandung” mas, asli bikin merem melek hehehehehehehehe…

Suka

5. Aan Kiye - 20 Oktober 2013
6. Reza Rider Xeon - 20 Oktober 2013

Kapan bagi2 stiker kang

Suka

7. aryunaji - 20 Oktober 2013

udah di edit

Suka

8. uutbeniandriyanto - 20 Oktober 2013

woww….enakkk

Suka

9. rudy - 20 Oktober 2013

njalok pan… kalimantan rak ono je

Suka

10. Antohood81 - 20 Oktober 2013

Etamah Peuyeum lain Beuyeum..kumaha si akangmah..

Suka

11. woko - 20 Oktober 2013

nak nang jowo kui koyo tape ndul ndul.

cuma sak gluntung pohonge’

Suka

12. SNEROZ YK - 20 Oktober 2013

mung koyo tape yah ?
rasane pie pan ?
kok ra di rephiuw

Suka

13. SNEROZ YK - 20 Oktober 2013

oalah, repiu ne nelat to..
wonogiri sukses 😀

Suka

14. dadot - 20 Oktober 2013
15. uutbeniandriyanto - 20 Oktober 2013
16. RCV212(wiro sableng) - 20 Oktober 2013

enak gethuk goreng made in purwokerto..mak nyus tenan.gurih2 manis

Suka

17. Black or white - 20 Oktober 2013

Peuyeum sama aja dgn tape bro

Suka

18. Febrian - 20 Oktober 2013

waduh….hampir tiap minggu tukang peyeum lewat depan rumah ane tuh,udah kagak aneh_wong orang sunda 🙂

Suka

19. belalangmerah - 20 Oktober 2013
20.   - 20 Oktober 2013
21. jaelan.. - 20 Oktober 2013

klo ke bdg hub ane pan….. ntar dikasih oleh2 bdg.

Suka

Kobayogas - 20 Oktober 2013

Kawitna ti bandung mang? Waahhh salam kenal ah kalo ke mertua nanti sugan bisa pendakan mang…

http://kobayogas.com/2013/10/20/test-ride-kawasaki-er6n-2012/

Suka

jaelan.. - 21 Oktober 2013

bdg nya mana gan? mertua

Suka

Kobayogas - 21 Oktober 2013

Di cigadung, deket tubagus ismail…si mamang dimana?

Suka

22. Kobayogas - 20 Oktober 2013

Wah bahas kuliner..kirim2 atuh kadieu hehe

http://kobayogas.com/2013/10/20/test-ride-kawasaki-er6n-2012/

Suka

23. 1340cm - 20 Oktober 2013

Asek tambah lemu

Suka

24. simpanse - 20 Oktober 2013

kalo yang langsung lunak itu mah peuyem puan atuh kang..wkwkwk

Suka

25. dido van owek - 20 Oktober 2013

jalok nukokne maneh pan 😀

assseeekk

Suka

26. rakainfantri - 20 Oktober 2013

Enak endi karo tape mas????
Nggilani opo ora??? 😀

Suka

27. bark - 20 Oktober 2013

buahaha.. mas ipan itu pegang talinya kaya yg jijik.. 😀
.
peuyeum emang banyak di daerah ane.. kebetulan wonk purwakarta.. istimewa loh!
mantep kan???
nah.. ada satu lagi olahan nya terbuat dari peuyeum.. yaitu COLENAK!
hayoo mau nyoba ga mas.. ahaha

Suka

bangnengnong - 20 Oktober 2013

udah gitu foto berikutnya di taruh lantai tuh peyem bareng ama duit koin dll.. jadi kayak apaaaa gitu ya… ipann…ipannn aya2 wae ente bung…

but like this lahhh..hehehe

@ bark, ane dicikampek bro.. sering maen ke purwakarta kalo malem minggu.. purwakarta memang istimewa broo…

Suka

28. macantua - 20 Oktober 2013

Banyak tuh mas ipan spanjang jalan daerah rumah ane. Maen ksini mknya… Tak bawain 10kg buat oleh2 ntar… http://macantua.wordpress.com/2013/10/20/helm-kok/

Suka

29. gilang - 21 Oktober 2013

peyeumpuan bandungnya lbh manis dan mantap rasanya pan

Suka

30. doddi77 - 21 Oktober 2013

mas ipan jogjany kost dimana sih? Kali aja bs kopdar…. 😀

Suka

31. ninja assassin - 21 Oktober 2013

Podo karo tape iku pan, lek kepingin tape sing gak jemek tapi legi kranchi, onok jenenge tape bondowoso, rasane muaknyusss, aku wez tau mangan peuyeum & tape bondowoso, prasaku sik enak tape bondowoso.. Cuman lek di gawe es tape utowo wedang tape sek enakan tape biasa (sing jaremu jemek iku) tape bondowoso enake lek di emplok langsung cemplusshh.. Enyaakkkkk.. Cuukkk poleh kepingin aku.. 😀

Suka

32. orong-orong - 21 Oktober 2013
33. menyusurijalan - 21 Oktober 2013

mampir dulu kalau ke bandung… nanti aq ajak wisata kuliner….. bukan hanya peuyeum saja….

http://jalanberkarisma.wordpress.com/2013/10/21/ini-kondisi-ban-setelah-10-lap-di-phillip-island/

Suka

34. Aa Ikhwan - 21 Oktober 2013

enyak2..

Suka

35. Herman-Arts - 21 Oktober 2013

peuyeum = tape

Suka

36. sims 2 - 22 Oktober 2013

If you select to apply 100% argan oil for locks it is very expensive.
Cisco 640-802 CCNA Portable Command Guide.
t spend that kind of money on billboards promoting the game.

Suka

37. numpang_lewat - 22 Oktober 2013

tuh keranjangx kecil Pan, touring ke bondowoso, ntar aq bawain tape sekeranjang besar buat oleh2….
dijamin ketagihan dah……

Suka

38. aif vega - 24 Oktober 2013

wkwkwkwkwk
emang ntu tape singkong cmn nma’a z peuyeum (ini bahasa sunda)…
Rp.6.000 z mas ipan sekilo nya…

Suka

ipanase - 24 Oktober 2013

owalah, pantesan temenku belinya peyem, murah to?

Suka

39. es teler - 24 Oktober 2013

murah ….meriah… wareg…

Suka

ipanase - 24 Oktober 2013

wah mung 1 lek

Suka

40. cheap jordans - 31 Oktober 2013

The auto repair environment is stacked against the consumer since the power, which takes the form of knowledge, is in the hands of the repair shop. Many customers confound this situation by making mistakes when they drop their vehicles off for repair. Here are five errors that you should avoid. Self diagnosis When your vehicle is in need of repair the worst approach is to offer theories about the problem. You should not be suggesting to the shop what you think is the source of the failure regardless of what your neighbor, brother-in-law or barber has told you. This is what you are paying the experts to do. Once the shop offers their plan for the fix, it assumes ownership of that repair strategy whether it works or not.Many companies offer free scanning in order to disclose why a check engine light is on. It is not good to request a certain repair procedure based on someone else’s diagnostic interpretation of the results of a scan. That information needs to be evaluated by a knowledgeable professional since it is really only the beginning of the repair tract needed to fix the car.

Suka

41. cheap jordans free shipping - 2 November 2013

Last year, her foot was amputated after it was crushed under a car she was rebuilding. Stephens took it in stride by fashioning a prosthesis out of some old Lego blocks she had lying around her basement. Stephens, an occupational therapist and clinical researcher, said she decided to build the toy leg after a co-worker jokingly proposed the idea. While others would have laughed off the suggestion, Stephens said, “Challenge accepted.”“I liked the idea, because I am very comfortable with my body and like encouraging others to be more comfortable with theirs,” she said.

Suka

42. www.dunkskicks.com - 2 November 2013

From a distance, the Raptor looks like the standard F150 in a 4X4 version, but when you get closer, it’s readily apparent that this 4-wheeler sets higher off the ground and sports bigger tires than the standard truck. The F150 SVT Raptor, with “FORD” emblazoned in big letters across the blacked out grill, has no chrome, and very little other embellishments, besides a little splash of color graphics and “RAPTOR” in bold lettering on its bed. All it takes is one look at this super truck, and you’ll know it has been built for some serious off-roading. You can opt for a no-frills, plain-Jane interior, or, for the gentleman desert racer, a full array of creature comforts.

Suka


Monggo Silakan Berkomentar< Bebas Sopan< mohon maaf jika belum dibalas< Matur Nuwun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: